TENTANG PENULIS

cropped-img_004511.jpgGO BLOG… istilah yang saya gunakan untuk saya bisa berbagi pengalaman, informasi dan pengetahuan. Sengaja saya menggunakan blog, pertama karena aplikasi gratis dan murah sehingga setidaknya saya bisa mamanfaatkan fasilitas sosial media yang ada, kedua mudah sehingga dapat membantu saya dalam menulis apa yang ada dalam pikiran saya dan dapat saya modifikasi sesuka hati saya, ketiga bahwa blog cukup familiar bagi kaum sosial media, setidaknya ketika orang berbicara tentang blog sudah sedikit paham dan tahu, meskipun untuk masyarakat tertentu mungkin masih agak sedikit asing.

Sejak september 2009 saya mulai mengabdikan diri saya untuk bekerja di masyarakat. Saya  mendamping masyarakat untuk isu isu  terkait dengan Anak dan Perempuan, mengajak mereka untuk mengetahui Hak dan Kewajibannya, mengajak mereka untuk bagaimana mendapatkan keadilan di masyarakat atas dominiasi kaum tertentu, dan mengajak mereka untuk bisa melihat segala kesempatan dan peluang yang mereka miliki untuk kehidupan yang lebih baik. Sering saya berfikir dan merenung, nampaknya saya ini seperti seorang provokator yang datang kedesa dengan wajah seorang pendamping. Ya…bisa saja, tetapi mungkin provokator bertanggung jawab bisa disebut begitu karena memang yang saya lakukan bukan hanya menjadi provokator masyarakat tetapi saya juga bertanggung jawab untuk menguatkan mereka agar provokator ini berhasil, bingung ya dengan bahasa saya he…he…he…. Yang jelas saya bekerja untuk masyarakat yang ada di desa, untuk menyadarkan mereka akan hak dan kewajibannya. Seperti anak sejak lahir sudah berhak mendapatkan pendidikan dan negara wajib memfasilitasi itu, tetapi masyarakat baru sadar akan hak pendidikan anak ketika umur 6 tahun…terlambat kan. Kemudian ketika negara mewajibkan pendidikan dasar (SD) maka beban biaya pendidikan adalah kewajiban negara untuk memenuhi, orang tua ketika harus bayar SPP di SD ya pasrah saja…kasihan kan. Belum lagi ranah publik strategis di pemerintahan desa yang hanya diisi oleh kaum adam, padahal pembangunan untuk semua masyarakat. Perempuan sibuk diurusan domestik yang katanya kodrat…..miris kan.

Bekerja di masyarakat menuntut kita untuk menjadi pribadi yang rendah hati, pribadi yang memiliki sensitifitas terhadap persoalan yang ada. Karena memang ketika ingin diterima di masyarakat maka kita harus bisa memahami apa yang mereka alami, apa yang mereka miliki dan tentunya apa yang menjadi impian masyarakat. Kita buka dewa, tetapi setidaknya kita memiliki sedikit hati seperti dewa. Bekerja di masyarakat menuntut kita untuk berfikir cepat, tertinggal sedikit saja akan sulit untuk kita mengikuti kembali. Maka blog ini hadir sebagai bentuk apresiasi saya atas apa yang saya lakukan di masyarakat. Mungkin baru kecil sekali yang bisa saya kontribusikan untuk masyarakat, namun setidaknya melalui tulisan – tulisan yang saya buat ini mampu menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin bekerja di masyarakat. 😉

-Salam Kenal –

Lusi

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s