Usaha Produktif Perempuan

Perempuan produktif merupakan istilah yang diberikan pada perempuan yang sudah mampu memberikan kontribusi secara ekonomi baik pada dirinya sendiri, keluarga maupun lingkungannya. Kesadaran perempuan untuk maju dan berkembang dalam usaha ekonomi banyak mendukung tumbuhnya jiwa kewirausahaan dalam rangka menciptakan kemandirian ekonomi. Kemandirian meningkatkan harkat martabat juga posisi tawar perempuan dalam berbagai hal.  Di era modern perempuan dituntut bisa membangun kemandirian ekonominya dengan pengelolaan dan pengembangan usaha (bisnis). Sebagian besar usaha perempuan banyak berkaitan dengan wilayah “domestik” dekat dengan lingkungan rumah tangganya, seperti pada sektor jasa, industri rumah tangga, serta sektor informal lainnya. Perempuan dengan kemampuannya bisa menyisihkan waktu luangnya mengurus rumah tangga dan membuka usaha produktif seperti industri rumahan berupa kerajinan tangan, tenun, menjahit pakaian, membuat makanan olahan, warung sembako, warung makan dan lain – lain.

Dalam bermasyarakat antar perempuan juga membangun kelompok usaha bersama dengan pengelolaan usaha simpan pinjam untuk permodalan usaha. Peran perempuan sebagai pengelola usaha telah berkembang tidak hanya diwilayah perkotaan tetapi juga kewilayah pedesaan. Perempuan di pedesaan banyak menjalankan kegiatan usaha di pertanian, peternakan, perikanan, industri kecil dan perdagangan. Pengembangan usaha rumah tangga yang ditangani perempuan banyak memanfaatkan potensi lokal dan tenaga kerja keluarga. Secara tradisional usaha dikelola turun temurun tanpa ada perencanaan dan pembukuan usaha. Meskipun demikian para pengusaha sudah bisa menikmati keuntungan meskipun belum ada perhitungan pasti. Maka penting kiranya adanya pengetahuan yang mendasar bagi perempuan di dalam mengembangkan usaha produktifnya. Selama ini usaha produktif perempuan yang berjalan, hanya dimaknai ”yang penting berjalan, tidak rugi, dan mampu menambah pendapatan rumah tangga” belum berfikir bagaimana usaha tersebut kemudian dapat maju, berkembang dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Usaha produktif perempuan yang dikelola dengan baik, memiliki managemen yang baik akan banyak mendapatkan banyak manfaat diantaranya  :

  • Usaha produktif tersebut sebagai Tempat belajar atau forum bersama bagi perempuan tentang bagaimana mengelola usaha, menentukan jenis usaha, menjalankan usaha, administrasi usaha, dll
  • Usaha produktif mampu untuk Menambah penghasilan keluarga.
  • Dengan adanya usaha produktif perempuan, maka mampu meningkatkan kemampuan dan martabat perempuan baik di ranah domestik maupun ranah publik.
  • Usaha Produktif yang terlembagakan dengan baik, biasanya akan memiliki forum belajar bersama. dimana forum belajar bersama usaha produktif tersebut sebagai Tempat/wadah untuk mengeluarkan pendapat, ide dan belajar menjadi pemimpin bagi perempuan.
  • Usaha Produktif mampu menumbuhkan dan mengembangkan pribadi yang tangguh dan mandiri.
  • Berkembangnya usaha produktif mampu mempercepat pembangunan daerah, menciptakan lapangan kerja, pemerataan pendapatan, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengemtasan kemiskinan.

Di wilayah pedesaan, usaha produktif perempuan sebenarnya sudah banyak dilakukan hanya saja seringkali belum terorganisir dengan baik. Usaha produktif yang dilakukan baru sebatas yang penting jalan, belum dikelola dengan baik, Sehingga terkesan ”yang penting jalan” . Padahal jika usaha – usaha produktif perempuan tersebut dikumpulkan, kemudian diajak belajar bersama terkait dengan peluang usaha saat ini, pemasaran offline dan online, serta bagaimana membangun jaringan tentunya usaha produktif perempuan tersebut tidak hanya sekedar berjalan. Karena keberadaan usaha produktif perempuan setiap tahunnya jumlah nya terus bertambah, dari perempuan usia muda hingga yang sudah berkeluarga banyak yang sudah menjalankan usaha produktif. Namun banyaknya usaha produktif perempuan tersebut (khususnya di Desa) belum mampu meningkatkan kesejahteraan perempuan (khususnya) secara signifikan. Maka perlu adanya treatment khusus bagi usaha produktif perempuan agar mampu berkembang dengan baik.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s