Pendampingan Pasca RAT Kopwan KPM

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Perempuan Karya Perempuan Mandiri (KPM) untuk tahun buku 2017 sudah selesai dilaksanakan, namun bukan berarti pekerjaan rumah dari pengurus koperasi KPM selesai. Karena Pasca RAT ada banyak hal dari rekomendasi hasil RAT yang harus segera ditindak lanjuti. Dalam rangka menindak lanjuti hasil dari RAT tersebut maka Rabu, 14 Februari 2018 bertempat di Sekretariat Koperasi diselenggarakan Rapat Pengurus Bulanan. Rapat pengurus tersebut dihadiri oleh 5 orang pengurus Koperasi KPM, 1 orang pengawas koperasi dan 2 orang pendamping dari YSKK. Beberapa hal yang dibahas dalam Rapat Bulanan Pengurus tersebut antara lain : 1) Evaluasi Pelaksanaan RAT, 2) Menindaklanjuti usulan anggota pada saat RAT, 3) Target Koperasi Hingga Akhir 2018

Evaluasi Pelaksanaan RAT

Dalam evaluasi pelaksanaan RAT beberapa point yang menjadi bahasan antara lain :

  • Secara waktu pelaksanaan, RAT tahun buku 2017 sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, karena hanya molor sekitar 45 menit dari waktu yang direncanakan. Memang hal yang tidak bisa diprediksi adalah terkait dengan sambutan – sambutan dari para pihak yang hadir.
  • Terkait dengan Pembawa Acara (MC) nampaknya kurang mempersiapkan diri, sehingga nampak “Plegak – pleguk”ketika membawakan acara. Kedepan ketika akan RAT, maksimal sehari sebelum RAT semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan RAT harus mengikuti Breafing/ persiapan.
  • Koperasi belum mempersiapkan instrumen “Berita Acara” padahal instrumen ini penting untuk disiapkan, mengingat dalam pelaksanaan RAT menghasilkan beberapa keputusan – keputusan. seperti pengesahan laporan pertanggung jawaban pengurus koperasi, mandat anggota untuk pengurus, dll. Kedepan perlu dilist/ di daftar apa saja yang dibutuhkan dalam RAT sehingga tidak ada yang terlewat.
  • Pada saat pembagian transport dan SHU terlihat sangat tidak teratur, karena ada anggota yang pulang terlebih dahulu (acara belum selesai) yang kemudian mengganggu konsentrasi peserta yang lain. Kedepan ketika akan memulai acara RAT, perlu diumumkan (pada peserta RAT) bahwa transport dan SHU hanya akan dibagikan setelah acara RAT ditutup.

Secara umum pelaksanaan RAT tahun buku 2017 sudah jauh lebih baik dari tahun sebelumnya, seperti terkait waktu sudah lebih tepat waktu, jumlah peserta RAT juga sudah lebih banyak yang hadir, namun memang persiapan RAT 2017 ini lebih panjang dari yang sebelumnya, dikarenakan laporan keuangan (khususnya) yang harus dikerjakan berulang – ulang kali.

Tindak Lanjut Usulan Anggota

Pada saat RAT, anggota mengajukan beberapa usulan terkait dengan kinerja koperasi tahun 2018. Usulan tersebut diantaranya :

  • Koperasi membuatkan Buku Simpanan Sukarela / Buku Tabungan untuk anggota, sehingga anggota mengetahui jumlah tabungan tanpa harus menanyakan kepada pengurus. usulan ini segera ditindak lanjuti pengurus, buku Tabungan anggota akan diterbitkan bulan Februari ini.
  • Setiap Pertemuan Rutin Bulanan Anggota Koperasi, selain ada arisan diwajibkan juga setiap anggota untuk menabung. Usulan ini akan dibahas kembali pada saat pertemuan anggota bulanan (rencananya bulan maret) terkait dengan minimal tabungan yang disetorkan.
  • Pada saat RAT, anggota memberikan mandat kepada pengurus koperasi untuk mengangkat pengawas, dan pengurus tambahan (jika diperlukan). 2 orang yang berpeluang menjadi pengawas saat ini sedang proses dihubungi langsung oleh ketua koperasi, melihat seberapa besar kemungkinannya untuk bergabung. dan hasilnya maksimal maret sudah ada keputusannya. Sedangkan tambahan pengurus yang dirasa perlu adalah terkait dengan sekretaris 2, mengingat Sekertaris 1 memiliki kesibukan yang super padat sehingga seringkali pekerjaan – pekerjaan sekertaris terabaikan. Dua posisi tersebut yaitu Pengawas dan Sekertaris diupayakan maksimal bulan Maret sudah ada orangnya.

Beberapa usulan anggota ini, sudah mulai ditindak lanjuti oleh pengurus koperasi, dan sudah ada pembagian peran di masing – masing pengurus untuk menindak lanjuti.

Target Koperasi Perempuan Hingga Akhir 2018

Dari pertemuan pengurus sempat didiskusikan beberapa target Kinerja Koperasi hingga akhir 2018 diantaranya :

  • Koperasi memiliki Kios untuk usaha dagang koperasi
  • Laba Koperasi Meningkat 50% dari laba tahun sebelumnya (laba koperasi 2017 Rp. 23,000.000)
  • Pembukuan Keuangan Koperasi, terekap dengan baik dan rapi sehingga persoalan “geseh”di akhir tahun tidak terjadi.
  • Memiliki 2 Pengawas dan 1 orang pengurus baru

Hasil – hasil dari Rapat ini kemudian akan menjadi acuan bagi Pengurus Koperasi dalam menjalan peran dan fungsinya. Sedangkan bagi YSKK, selaku pendamping ini menjadi bahan materi pendampingan koperasi di setiap bulannya.

-Lusi-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s