Persiapan RAT 3 Koperasi Perempuan

Selama 3 (Tiga) Hari yaitu tanggal 23 – 25 Januari 2018 Pendamping YSKK, melakukan pendampingan secara intensif di 3 Koperasi Perempuan (Kopwan) dalam rangka persiapan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Tiga Koperasi Perempuan tersebut adalah Koperasi Perempuan Karya Perempuan Mandiri (KPM) di Desa Watusigar, Koperasi Perempuan Mitra Usaha Perempuan (MUP) di Desa Kampung dan Koperasi Perempuan Sekar Arum (SA) di Desa Semin. Persiapan yang dilakukan antara lain : Finalisasi dan kroscek laporan keuangan koperasi sejak januari – desember 2017, melihat capaian kerja koperasi baik itu capaian di kegiatan maupun capaian anggaran selama tahun 2017 , Menghitung Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi dan menyusun rumusan (deskripif) RAT.

Dari pendampingan persiapan RAT yang dilakukan setiap koperasi memiliki perkembangan (persiapan) yang berbeda – beda. Dari 3 Kopwan tersebut, Kopwan KPM yang membutuhkan waktu persiapan cukup lama, terutama dalam kroscek laporan keuangan dan finalisasi laporan keuangan, hal ini dikarenakan aktiva (kekayaan) Kopwan KPM sudah mencapai kisaran 250juta, dan jumlah piutang tahun 2017 sejumlah 180juta. Dengan kapasitas pengelola koperasi (bendahara) yang masih kurang mahir di dalam inputing pembukuan melalui komputer tentunya menghambat penyusunan laporan keuangan, karena baru dilakukan secara manual. Sedangkan untuk 2 Kopwan lainnya yaitu MUP dan SA cenderung sudah mampu menyusun laporan keuangan dengan mandiri hal ini dikarenakan selain aset yang dimiliki belum sebanyak aset KPM juga kemampuan pengelola koperasi (bendahara) yang sudah memiliki kemampuan cukup baik dalam inputing laporan keuangan ke dalam komputer.

RAT atau singkatan dari Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan. Dasar dari penyelenggaraan RAT adalah Permen Koperasi & UMKM Nomer 19 Tahun 2015 dimana disana dejelaskan hal – hal yang wajib dilakukan pada saat RAT antara lain seperti memberikan laporan keuangan tahunan koperasi kepada anggota, melaporkan segala aktivitas koperasi selama satu tahun dan menyepakati rencana keuangan dan anggaran koperasi untuk tahun yang akan datang.

Selama berdirinya hingga saat ini kurang lebih 6 tahuan, 2 Kopwan (KPM & MUP) sudah rutin melakukan RAT setiap tahunnya, sedangkan 1 Kopwan (SA) karena baru berdiri sejak 2014 maka baru 2 kali melaksanakan RAT. Pelaksanaan RAT di 3 Kopwan dilaksanakan kisaran antara bulan Januari – Februari (Awal Tahun), hal ini menyesuaikan dengan ketentuan Pelaksanaan RAT yang harus dilaksanakan maksimal bulan maret setiap tahunnya. Dengan melaksanakan RAT, tentunya hal ini menunjukkan bahwa 3 Koperasi Perempuan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Koperasi sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, selain itu juga dengan dilaksanakan nya RAT merupakan bentuk kepercayaan anggota kepada Koperasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s